Puasa

Tidak hanya manusia yang melakukan puasa tetapi  binatang juga melakukan puasa contohnya ulat selama menjadi kepompong, para mahluk hidup ciptaan Allah SWT mereka berpuasa sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Kewajiban manusia berpuasa terdapat dalam AL- Qur’an Surat Al – Baqoroh ayat 183.

Terjemahan: Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.”

Setiap kewajiban yang Allah SWT perintahkan pasti mempunyai manfaat. Dan puasa juga selain merupakan kewajiban juga mempunyai manfaat diantaranya yaitu menyehatkan. Seperti yang terdapat dalam hadist:

“Berpuasalah niscaya kalian akan sehat”

Jadi puasa itu bukan membuat kita menjadi kelaparan tapi membuat kita sehat.

Seperti yang sudah saya paparkan bahwa manfaat puasa itu adalah menyehatkan.

Beberapa manfaat puasa secara medis dan kesehatan diantaranya:

1. mengobati penyakit pada sistem pencernaan (luka pada lambung dan radang usus besar)
dengan berpuasa seluruh organ tubuh beristirahat setelah menyerahkan energi secara berlebihan. puasa dapat membantu menstabilkan usus besar karena ketenangan batin yang dialami orang yang berpuasa. Maka dengan puasa hilanglah gejala – gejala penyakit usus besar seperti sembelit.
2. mengobati penyakit sistem pernafasan (sesak nafas dan bronchitis)
puasa memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menghilangkan gejala sesak nafas karena kekosongan perut dari makanan memberikan kesempatan bergerak bagi sekat rongga badan secara lebih leluasa, sehingga kinerja paru –  paru menjadi baik dan semakin bertambah kadar keluasannya.
3. mengobati berbagai macam peradangan
4. mengobati penyakit pembuluh darah
5. mengobati penyakit kelenjar buntu (endoctrin)
puasa dapat mengaktifkan kinerja kelenjar pada tubuh
6. mengobati penyakit kulit
puasa dapat mengurangi kadar air yang terdapat pada tubuh dan darah, dengan demikian mengurangi kadar air pada kulit. Hal ini bisa meminimalisir resiko terkena penyakit kulit.
7. mengobati kegemukan badan (obesitas)
puasa dapat secara efektif membantu para penderita kegemukan agar terbebas dari kelebihan berat badan secara bertahap dan tidak memiliki resiko yang memberatkan, sebab jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang ditengah berpuasa menjadi sedikit. Dengan demikian jumlah lemak yang mengendap di dalam tubuh menjadi sekikit.
8. mengobati penyakit kanker
puasa membantu mengurangi kadar kalori. Ini adalah faktor yang menyebabkan berkurangnya kadar pembagian sel – sel kanker sekaligus meminimalisir resiko terserang aneka ragam penyakit kanker.
9. mengobati penyakit saraf
puasa membantu seseorang dalam mengontor emosi dan keinginannya. Sehingga dengan puasa dapat meminimalis seseorang akan penyakit kejiwaan dan saraf.
10. mengobati penyakit hati (liver)
puasa dapat membantu memperbaharui dan membangun kembali sel – sel hati yang rusak.
11. mengobati radang saluran kantung empedu
puasa menyebabkan kelenjar air empedu bisa mendistribusikan air empedu dan mengatur kinerjanya.
12. memelihara tingkat kecerdasan
mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil dapat memelihara kecerdasan manusia serta menambah konsentrasi dan daya tampung kecerdasannya.
13. membebaskan diri dari racun
ditengah berpuasa, simpanan energi di dalam tubuh menjadi sedikit sehingga hati dapat bekerja mendatangkan lemak dan unsur – unsur makanan yang tersimpan di dalam seluruh anggota badan. Hati bekerja membakarnya agar tubuh memperoleh bekal energi yang berfungsi melanjutkan aktifitas rutinnya. Hati bekerja mengusir racun yang keluar melalui proses pembakaran, dimana racun tadinya tersimpan di dalam unsur – unsur makanan akhirnya tubuh terbebas dari racun.
14. memperbaharui sel – sel tubuh
puasa menggerakkan tubuh membangun sel – sel baru sebagai pengganti sel –  sel mati. Puasa memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat. Ditengah istirahat, akan terkurangi energi dan unsur – unsur yang bertugas membangun kembali dan memperbaharui sel –  sel tubuh.

Saya disini ingin menyarankan bahwa jika Anda sudah sering melajukan puasa tapi penyakit yang diderita belum sembuh – sembuh, maka janganlah menyalahkan puasa itu sendiri karena segala penyakit dapat sembuth dengan ijin Allah SWT.

Wallahualam bissoab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: