Google Reader Sediakan Terjemahan Langsung

iyah

Jakarta – Google Reader, layanan berlangganan RSS Feed dari Google, menyediakan fungsi terjemahan langsung. Situs berbahasa asing yang menyediakan update lewat RSS Feed bisa langsung dibaca dalam bahasa pilihan pengguna.

Seperti dikutip detikINET dari blog resmi Google Reader, Minggu (15/11/2008), fungsi terjemahan langsung itu merupakan hasil proyek 20 persen dari relawan Google Brett Bavar.

Proyek 20 persen adalah istilah untuk proyek yang dikerjakan secara sukarela oleh  karyawan Google dengan mengalokasikan 20 persen waktu mereka.

“Percaya atau tidak, web itu benar-benar mendunia. Artinya, banyak konten menarik dalam bahasa yang berbeda. Dulu mungkin Anda ketinggalan konten semacam itu, sekarang dengan penerjemahan langsung di Reader Anda tak perlu lagi kehilangan,” tulis Chrix Finne dari tim Google Reader.

Penerjemahan langsung itu cukup mudah dilakukan:

  1. Langganan RSS Feed seperti biasanya dalam Google Reader
  2. Klik judul RSS Feed yang hendak diterjemahkan
  3. Klik Feed Settings
  4. Klik ‘Translate into my language’

Meskipun cukup berguna, hasil penerjemahan yang ada memang belum sempurna. Terutama untuk Bahasa Indonesia ke Inggris, masih cukup banyak kata-kata yang tak berhasil diterjemahkan oleh layanan ini.

Selain itu, layanan Google Reader saat ini masih belum menyediakan Bahasa Indonesia sebagai pilihan bahasa utama. Akibatnya, konten berbahasa asing tak bisa diterjemahkan ke Bahasa Indonesia langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: