Hang, siapa Takut?

Penyakit paling umum pada komputer pastilah hang atau blue screen, kedua penyakit ini memiliki karakter yang sama meskipun penampakkannya berbeda. Kalau hang, komputer kita berfungsi tanpa ada tanda-tanda peringatan apapun, semuanya berhenti berfungsi termasuk keyboard dan mouse yang berhenti merespon, tapi biasanya ada dua tombol yang masih tetap berfungsi yaitu reset dan power (he..he..he..).

Sedangkan blue screen memiliki karakter sama hanya pada layar komputer kita berubah menjadi berlatar belakang biru semua dengan tulisan keterangan kesalahan atau kerusakan alias error yang terjadi. Istilah hang berasal dari bahasa Inggiris yang berarti menggantung atau nyangkut, inilah yang terjadi pada komputer kamu kerjanya menggantung atau nyangkut, baik menampilkan blue screen atau tidak.

Menelusuri penyebabnya.

Ketika penyakit seperti ini menyerang jangan panik! Periksa terlebih dahulu komputer kamu sendiri. Yang pertama ialah pisahkan antara malasah perangkat lunak dan perangkat keras alias hardware. Untuk memudahkan kita memeriksa tentunya software terlebih dahulu yang kamu periksa, karena lebih baik kamu mem-format dan meng-instal ulang seluruh sistem komputer kamu daripada kamu harus bereksperimen dengan membeli hardware baru.

Ketika hang atau blue screen terjadi, kamu bisa coba langkah-langkah dibawah ini:

Coba tombol reset pada komputer kamu, jika berhasih coba perhatikan apakah sistemnya bisa booting dan berjalan dengan sempurna kembali atau tidak.

Jika tombol reset tidak berfungsi, kamu bisa menekan tombo. Power sekitar 5 detik, umumnya komputer akan mati. Tunggu sekitar 10 detik lalu hidupkan kembali komputer kamu. Perhatikan apakah error masih terjadi.

Jika ternyata tombol reset dan power tidak berfungsi juga maka satu-satunya yang bisa kamu lakukan ialah putuskan aliran listrik, dijamin komputer akan mati. ( kalau setelah komputer kamu putuskan aliran listriknya, tapi komputer masih menyala maka orang yang harus kamu hubungi para normal. Hahaha… ups!)

Ketika komputer kamu sudah kembali masuk ke sistem, perisksa apakah ada virus yang bersarang di komputermu, cari anti virus terbaru dan scan seluruh media penyimpanannmu. Dan, perhatikan apakah error muncul dari program tertentu yang setiap kamu jalankan komputer kamu langsung hang atau blue screen.

Kalau komputer kamu tidak bisa masuk ke sistem secara normal, kamu bisa mencoba masuk ke safe mode, yaitu modus dimana sistem dijalankan dengan sesedikit mungkin driver dan program. Modus ini bisa diakses dengan menekan F8 pada saat booting.

Ketika safe mode bisa diakses maka yang menjadi masalah adalah program diluar sistem, tetapi jika safe mode-pun tidak bisa diakses maka kamu harus pertimbangkan untuk mem-format dan meng-instal ulang seluruh sistem komputermu.

Kalau masih error…

Jika langkah diatas tidak berhasil, maka bisa dipastikan sebab permasalahannya ialah hardware. Untuk memeriksa hardware kamu butuh sedikit keberanian dsan keahlian dalam bongkar-membongkar. Kalau kamu tidak punya persyaratan tersebut kamu bisa minta bantuan teman yang memang berani dan bisa. Langkah-langkah dibawah ini bisa kamu coba.

Bersihkan memori/RAM dan kartu-kartu yang terdapat di komputermu seperti VGA, modem, LAN, sound card, dan lainnya. Pastikan bidang kontak yang berwarna keemasan bersih dari debu dan minyak. Pasang kembali semua komponen dan lihat pengaruhnya pada komputer kamu. Kebanyakkan masalah komputer terletak pada komponen yang kotor akibat debu.

Jika masih tidak bisa berjalan normal maka jalankan komputer kamu dengan sesedikit mungkin hardware. Cabut semua kartu ekspansi, jalankan komputermu hanya dengan RAM dan VGA saja yang terpasang. Jika komputer kamu bisa berjalan normal maka ada salah satu kartu ekspansimu yang bermasalah. Umumnya yang menjadi masalah ialah modem, meskipun tidak menutup kemungkinan kartu ekspansi lainnya.

Jika masih tetap bermasalah kamu bisa mencoba mengganti RAM dan VGA dengan yang lain. Coba satu persatu, ini akan menunjukkan bagain mana yang rusak .

Kalau komputer kamu masih tidak bisa normal juga, maka sudah saatnya kamu pertimbangkan membeli komputer baru, karena kemungkinan besar motherboard atau prosesor kamu yang bermasalah.

Sebelum memutuskan membeli hardware baru yang kamu kira bermasalah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang mengerti.

3 responses to this post.

  1. Posted by alfi on Oktober 5, 2008 at 3:39 pm

    makasih

  2. Posted by yuyun on Februari 12, 2009 at 10:07 pm

    duh makasih bnyak ya ats infonya,mungkin dng itu keruwetan di kepala ku bisa sedikit reda…

  3. bagus artikelnya….izin copy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: