Transportasi akan Diwajibkan Pakai Bahan Bakar Nabati

Alih Istik Wahyuni – detikFinance

Jakarta – Tidak hanya sektor industri, mandatori penggunaan bahan bakar nabati (BBN) juga akan diberlakukan untuk sektor transportasi.

Namun berbeda dengan sektor industri yang wajib menggunakan BBN hingga 2,5%, besaran kandungan BBN di sektor transportasi yang diwajibkan baru akan diubah pada Januari 2009.

Dirjen Migas Evita H Legowo menjelaskan, penerapan mandatori untuk sektor transportasi memang direncanakan bertahap.

“Kalau untuk transportasi ada tahapannya. Sampai Januari 2009 masih akan seperti sekarang, tidak berubah. Tapi setelah itu akan berubah bertahap pada 2009, 2010, 2015,2020, dan 2025. Semua ada waktunya,” ujarnya usai diskusi keselamatan migas di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (27/8/2008).

Saat ini yang penyediaan BBN sebagai bahan bakar transportasi baru dilakukan Pertamina. Pertamina menyediakan BioSolar dengan kandungan biodiesel 1%, dan BioPremium dengan kandungan bioethanol 3%.

Baik BioSolar maupun BioPremium dijual dengan harga yang sama dengan solar dan premium yang disubsidi pemerintah.

Menurut Evita, harga BBN saat ini sudah mulai kompetitif dengan harga bahan bakar fosil. Seperti biodiesel yang harganya kini sama dengan harga Premium yang disubsidi, yaitu Rp 6.000 per liter. Sementara harga bioethanol saat ini masih di kisaran Rp 11.000 per liter.

“Jadi kalau mencampur BBN dengan BBM yang disubsidi, sebenarnya mereka mendapat insentif. Tetapi kalau yang tidak mencampurnya dengan BBM subsidi, nanti aturannya beda lagi,” katanya.

Pemerintah berencana menerapkan mandatori penggunaan BBN mulai September 2008. Kebijakan ini sudah merupakan kesepakatan antara pemerintah, produsen, dan konsumen BBN.

Bagi yang tidak menerapkan mandatori tersebut, Evita menegaskan akan ada mekanisme sanksi. Hanya saja ia mengaku bentuk mekanisme sanksinya belum diputusk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: