Kita dan Ortu

1. Kewajiban menghormati orangtua
Beberapa alasan kenapa kita harus berbakti kepada kedua orangtua kita, karena:
a. ini merupakan perintah Allah Swt yang dapat kita temukan dalam firman-Nya QS. 17:23-24, QS.2:83, QS.4:36, dan QS.29:8
b. ibu yang telah begitu bersusah payah mengandung dan melahirkan kita hingga Allah abadikan dalam firman-Nya QS.31:14 dan QS.46:15
c. kedua orangtua adalah pihak yang begitu banyak berkorban tiada banding membesarkan kita sebagia anaknya.

Bagaimana seharusnya akhlaq terhadap orangtua.
Di dalam tafsir surat Al Isra ayat 23-24 didapat beberapa poin penting diantaranya:
a. bahwa ajaran yang pertama harus tertanam adalah ajaran Tauhid (mengesakan Allah), sedangkan kewajiban birrul walidain (berbakti kepada kedua orangtua) adalah sesudahnya.
b. memperhatikan dan memelihara keduanya. Bayangkan bagaimana perasaan orangtua yang memelihara kita sedari kita kecil sampai menjadi manusia yang berarti, kemudian setelah anaknya besar dan mereka berangsur tua, anaknya malah menia-nyiakan dan tidak sabar memeliharanya.
c. seorang sahabat Anshor pernah bertnya kepada Rasulullah Saw, “masih adakah lagi kewajibanku yang wajib aku buktikan kepada orangtuaku setelah beliau meninggal?” Rasulullah menjawab, “memang masih ada kewajibanmu 4 macam: 1. Doakan keduanya, 2. Mohonkan ampun kepada Allah untuk keduanya, 3. Laksanakan pesan-pesan/ kebiasaan keduanya, 4. Muliakan sahabat-sahabat keduanya; silaturahmi yang tidak terhubungkan kepada engkau, melainkan dari pihak keduanya. Itulah yang tinggal untuk engkau sebagai bakti kepada keduanya setelah mereka meninggal.
d. kita ajarkan untuk mendoakan orangtua selagi hidup dan sesudah meniggalnya karena dalam hadist disebutkan hubungan yang masih ada diantara orang yang telah wafat dengan orang yang masih hidup hanyalah tinggal tiga perkara yaitu amal jariyyah, ilmu yang bermanfaat , dan doa anak yang shaleh.

3. Arti Berbakti dan hak-hak orangtua
Adapun bentuk bebakti dan yang merupakan hak orangtua antara lain dengan memenuhi dan memberikan setiap hajatnya, menyahut dan mendatangi penggilannya, melaksankan setiap perintahnya selama tidak bertentangan dengan hukum Allah Swt, Lemah-lembut saat berbicara dengannya, memanggil dengan panggilan yang menyenangkan keduanya, berjalan di belakangnya, menyukai hal-hal yang mereka suka dan mendoakan kebaikan serta memohonkan ampunan ata keduaya saat kita berdoa.

4. Keutamaan berbakti kepada orangtua
Adapun keutamaan-keutamaan dari berbakti kepada orangtua antara lain karena merupakan amalan yang disukai Allah dan bernilai jihad, dapat memanjangkan umur, rezeki dan harta yang berkah, pahala yang diperoleh menyamai haji dan umrah, memperoleh kenikmatan surga, memberikan pendidikan kepada anak-anak dan membuat mereka berbakti pada orangtuanya, sebagai jaminan masuk surga, dan menghilangkan gundah dan gelisah, serta sarana meraih ridha Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: